S.K.R.I.P.S.I #4


Finally, THEY’RE DONE!!
Apaan sih? Itu tuh, proposal saya. Jadi bikin empat? Ah enggak, yang masalah terakhir nggak ketemu-ketemu masalahnya apa, tiga saja cukup, itu juga yang 2 beda sama rencana awal. Alhamdulillah, semangat 🙂 *self talking

Antara capek, seneng, kesel, puas, gembira, galau, dan rasa gado-gado yang rame rasanya. Tulisan ini saya tulis di siang hari yang langitnya lumayan hitam, maklum lagi musim hujan. OK sip, ini berarti kode dari langit untuk sesegera mungkin buat tidur siang 🙂

Sebenarnya ketiga proposal saya sudah saya serahin hari rabu kemaren. Hal ini sengaja banget saya lakukan karena suatu hal. Gini ceritanya. Hari Kamis-Senin (15-19 Nov), temen kos saya —si Diah— pulang kampung ke Pekalongan. Jadilah hari Senin (12 Nov) dia ke jurusan buat tanya-tanya kalo ngumpulinnya nitip temen gimana, dia rencana mau nitip saya plus saya print-in sekalian. Nah, iseng dia tanya juga ke jurusan, kalo topiknya sama gimana. Jawaban dari orang jurusan, cukup membuat saya terkejut. Kalo topiknya sama, lebih dipilih yang tanggal ngumpulinnya duluan. Jawaban yang disampaikan itu berbeda dengan persepsi teman-teman yang menganggap kalo topiknya sama ntar bakal dipilih proposal yang paling baik oleh tim peneliti. Untunglah salah satu proposal saya udah jadi, tinggal editing dikit. Ya udah, kurang dari 30 jam lagi harus sudah selesai 2 proposal yang lain. Sebenarnya udah ada gambaran yang 2 proposal tambahan ini mau diapain, cuma faktor M-nya aja yang lagi gila-gilaan (M=males). Dan taraaaaaa………..dengan muka mirip zombie karena semalem nggak tidur cukup, saya berangkat ke kampus buat kuliah + nyerahin proposal.

Sampai di kampus, habis sesi 1 saya ketemu sama abang saya yang nitip di printin proposalnya. Rencananya dia mau nyerahin proposal hari itu juga. Ngobrolah kita bentar, sambil bahas tentang proposal masing-masing. Hari itu, tanggapan abang saya sengak banget, bikin sakit hati. Tapi, emang bener sih. Saya hanya nggak suka cara dia menyampaikan. Kalo dikuantitatifkan, minus 90 dari range nilai 100. OK lanjut. Saya kan jadi galau level mahadewa mau ngumpulin apa enggak, akhirnya saya tetap putuskan ke jurusan apapun yang terjadi

Di jurusan, saya ngobrol sebentar sama mbak yang ngurusin penyerahan proposal. Untung mbaknya baik, gak masalah saya ajak ngobrol dikit tentang kegalauan saya itu. Saya bilang ke mbaknya, sebenarnya saya sudah ada 3 proposal, tapi yang 2 masih ada yang perlu diperbaiki karena satu dan lain hal. Mbaknya bilang, kumpulin semuanya aja dulu dek, nanti kalo mau revisi bisa besok Senin hasil revisiannya diserahkan ulang (nb : hari Kamis-Minggu lagi long weekend), yang penting kan di sini kamu tercatat sudah ngumpulin tanggal sekian (hari itu tanggal 14 Nov). Fyuhhhhh……..alhamdulillah, saya seperti mendapat angin segar. Dan saya pun menyerahkan ketiga proposal saya dengan gembira ria. Lalalalalala…..

Sedikit cerita tentang ketiga proposal saya. Sebenarnya ketiga temanya sama, tapi obyek penelitian dan metodenya beda-beda, hehehe….. topik pertama masih tetap deisndustrialisasi di Indonesia yang mengelompokkan masing-masing provinsi berdasarkan kondisi deindustrialisasinya. Topik kedua deindustrialisasi sektor industri furnitur dan dampaknya pada perekonomian Indonesia, pake analisis time series sama analisis tabel IO. Topik kedua deindustrialisasi sektor industri produk dari batubara dan pengilangan minyak bumi dan dampaknya pada perekonomian Indonesia, pake analisis time series sama analisis tabel IO juga. Kenapa saya milih analisis tabel IO? Karena trend topik skripsi tahun lalu gak banyak yang pake ini, jadi saya coba mengangkat masalah analisis yang katanya’jadul’ ini (padahal di tempat lain masih jadi sesuatu yang ‘wooooww’ loh). Dan sepertinya angkatan saya pun juga gak banyak yang nengok ini. Padahal, dulu di tingkat 3 (semester 5) ada mata kuliah ini loh. Dan saya kebetulan jadi koordinator PJ kelas untuk matkul ini, jadi ada link kalo misal ada masalah. Hahahaha…..

Sekarang, mari fokus ke uts. Uts tinggal 10 hari dan masih banyak yang harus dipelajari lagi. Dan jangan lupa, mari berdoa semoga topik saya diterima 🙂