Depan vs Belakang


Salah satu hal yang paling tidak saya sukai adalah ngomongin orang di belakang. Asalkan kamu tahu, itu jauh lebih bikin nyesek daripada ngomong langsng di depan.

Kamu pernah ngerasain yang kayak gini nggak? Misalkan saja nama anda itu A. “Eh, boleh ngomong sesuatu? Maaf ya kalo kamu tersinggung. Saya kalo lagi ngomong di forum jangan dipotong dulu ya, soalnya saya nanti bisa lupa mau ngomong apa. Lagipula, motong omongan orang di forum itu juga nggak sopan kan?”

Lalu, bandingkan dengan yang ini. Suatu ketika kamu sedang di suatu tempat. Misalkan saja di lift kampus ataupun kamar mandi, dimana orang mungkin tidak mengenali kamu. Ada orang bisik-bisik ngomongin kamu. “Tau nggak sih, si A itu cerewetnya ampun-ampunan deh ya. Masak kemaren gw waktu ngomong di rapat, dia maen serobot-serobotan aja gitu. Kayak nggak pernah ikut diskusi aja. Nggak sopan bener sih. Mana usulannya juga nggak mutu lagi”. Teman yang lain menanggapi, “Di kelas dia emang kelihatan vokal gitu juga kok. Tukang serobot juga. Kayaknya ntar cita-citanya jadi seroboters deh,hahaha…”.

Nah, bagaimana perasaan kamu jika ditempatkan pada posisi A? Pilih kasus yang pertama atau kedua?

Saya kembalikan ke pribadi masing-masing, Saya percaya, “ketahanan” setiap orang itu beda-beda,  begitu juga dengan tingkat kepekaannya.

Cara ngomong dan menyampaikan pendapat itu penting, sangat penting. Salah sedikit, mungkin akibatnya bisa fatal.

Yuk, kita jaga omongan kita. Selagi kita masih diberi nikmat sehat dan menghirup udara yang gratis ini.

Jika anda nggak pengen orang lain ngomongin anda di belakang, maka anda jangan juga ngomongin orang di belakang.

Mari kita terapkan pada diri kita masing-masing dulu 🙂

*nb : contoh di atas hanya ilustrasi saja, bukan kejadian beneran. Maaf jika ada yang tersinggung.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s