Terbaik atau Lebih Baik


be number 1??

Kita tidak perlu terbebani untuk menjadi yang terbaik, tapi aturlah siasat untuk selalu menjadi lebih baik setiap detiknya.

Ada perbedaan antara keinginan menjadi yang terbaik dengan keinginan menjadi lebih baik. Keinginan menjadi terbaik terkadang menyisakan kekecewaan ketika akhirnya kita tidak dapat menjadi apa yang kita inginkan, tapi menjadi lebih baik menyisakan makna dalam proses penyempurnaan langkah yang dilakukan setiap waktu.

Salah satu yang membedakan antara keduanya adalah penerimaan kritik yang diberikan. Terkadang, keinginan menjadi yang tebaik mengabaikan kritik konstruktif yang diberikan orang lain, sedangkan keinginan menjadi lebih baik akan selalu welcome dengan berbagai kritik yang hadir.

Saat ini, belajar seumur hidup merupakan keharusan dan kritik dapat menjadi senjata ampuh untuk tumbuh dan kembang kita. Kita harus bisa belajar menerima dan menyambut kritik sebagai sarana untuk menjadi lebih baik.

Semakin kita menerima kritik, semakin mudah kita memanfaatkannya untuk membangun keunggulan kita. Tapi, pandai-pandailah juga menangkap kritik. Terkadang, banyak juga kritik yang hanya asal kritik yang tujuannya tak lain hanya untuk menjatuhkan kita. Ada pepatah mengatakan, jika kamu ingin melihat apa kekuranganmu, tanyakan kepada musuh atau orang yang membencimu. Maksudnya?? Karena mereka akan mengatakan apa saja yang mereka benci dari kita. Terkadang kita tidak menyadari, mereka lebih subyektif daripada kita.

Wahai Tuhanku, masukkanlah aku dengan cara yang baik dan keluarkanlah aku dengan cara yang baik, dan berkahilah kepadaku dari sisiMU kekuasaan yang menolong (QS. Al-Isra:80)

Ya Allah, manfaatkanlah aku untuk diriku apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, ajarilah aku dengan apa yang bermanfaat bagiku, dan limpahkanlah rezeki ilmu yang bermanfaat bagiku. (HR. Nasai)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s