Jaga Omongan Yuk….


Suatu kali ketika aku jalan bersama-sama dengan beberapa teman, sekitar 10 orang mungkin. Di tengah jalan, ada seorang teman yang bilang,”hei,A,B dan C, kita ke kantin yuk.”. Taukah kalian apa yang aku pikirkan setelah mendengar celetukan seorang temanku itu mendengar namaku tidak disebut yang artinya aku juga tidak diajak? Bagiku, aku gak masalah mau diajak ke kantin atau gak, toh aku sudah terbiasa jalan sendiri. Tapi, bagaimana dengan perasaan teman lain yang juga tidak diajak sepertiku?? Merasa tidak dianggapkah??

Itu sebenarnya hal yang sepele. Aku bukan seorang yang rasisme atau ekstrimis. Aku mencoba  untuk berpikir secara fair. Temanku yang ngomong tadi dan aku sama-sama perempuan, dan kami muslimah. Hanya itu. Dan aku sedang belajar utuk menjadi seorang yang perasa, karena banyak sindiran yang mampir ke telingaku bahwa aku sudah kelewatan cueknya.

Kembali lagi ke celetukan temanku tadi. Mungkin dia gak sengaja atau menganggap itu hal yang biasa. Fyi, A,B dan C memang sahabat baiknya. Tapi tunggu dulu. Keadaan akan biasa saja ketika mereka hanya jalan berempat, tapi akan lain lagi ceritanya ketika mereka berjalan dengan teman-teman yang bukan genk atau klik mereka. Pikiranku saat itu, pasti teman yang lain ada perasaan tersisihkan ataupun tidak dianggap. Sakit hati. Dan itu tidak enak. Apa teman yang nyeletuk tadi tidak pernah merasa sakit hati ya? Kenapa temanku yang nyeletuk tadi gak bilang gini aja,”Teman-teman, kita makan ke kantin yuk.” Meskipun kedengarannya basi, tapi itu lebih baik bukan daripada maengacuhkan teman lain. Kalau dengan merubah sedikit kata saja kita bisa membuat orang lain merasa dianggap, why not??

Emang bener ya kata iklan, mulutmu harimaumu, atau mulutmu embermu. Intinya, jaga omongan lah. Kalo gak mau tidak dianggap, maka jangan sekali-sekali tidak menganggap orang lain. Yuk, kita sama-sama jaga omongan kita :).

2 thoughts on “Jaga Omongan Yuk….

  1. takims berkata:

    makanya, jd anak genk, biar punya genk… join ke kami Suzuran, Genji dah nunggu tuh *krow zero’s genk

Tinggalkan Balasan

