PTK di Indonesia #2


Well….inilah lanjutan dari artikel sebelumnya.

  1. AMKG (Akademi Meteorolgi Klimatologi dan Geofisika). Program studi nya D3 dan pendidikannya semi militer. Tes masuknya meliputi tes akademik (matematika, fisika, dan bahasa inggris), tes psikotes, wawancara dan tes kesehatan. Oya, gak seperti program D3 yang rata-rata lama kuliahnya 3 tahun, di sini sistem kuliahnya 4 tahun. Rinciannya sebagai berikut : tahun pertama di semester 1&2, tahun kedua PKL di stasiun BMKG, tahun ketiga di semester 3&4, dan tahun keempat di semester 5&6. Pada tahun kedua, mahasiswa pada PTK ini sudah menajdi CPNS, dan tahun terakhir sudah sebagai PNS. Iseng aku tanye tentang seragam yang mereka pakai. Ternyata nih, ada 3 macam seragam: seragam PDH (pakaian dinas harian) yang biasa dipakai untuk kuliah sehari-hari, PDUK (pakaian dinas upacara kecil) dan PDUB (pakaian dinas upacara besar). Keren-keren loh bajunya. Uang ikatan dinas mereka juga lumayan, kemaren aku dengar dari mereka sendiri 750ribu.  Sama seperti PTK yang lain, mahasiswa akan di DO saat IP berada di <2,60. Setelah lulus, alumni akan ditempatkan di stasiun meteorologi, klimatologi dan geofisika yang ada di Indonesia. Leboh lengkapnya cek di web www.amg.ac.id
  2. STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat). Berada di bawah Departemen Perhubungan. Program pendidikannya ada yang D4 dan ada yang D3, juga menerapkan sistem pendidikan semi militer. Tes masuknya ada 3, yaitu TPA, wawancara, dan tes fisik. Mata kuliah yang ditekankan adalah fisika, matematika dan bahasa inggris. Di PTK ini ada asramanya loh, ajdi gak ribet nyari kos-kosan. Berlaku sistem DO bagi mahasiswa yang IPnya <2,5. Ada informasi tambahan dari tarunanya, uang kuliah saat masuk sekitar 14 juta dan ada dana kegiatan taruna sekitar 500ribu per semester (ini yang aku catat saat wawancara). Alumni dari PTK ini tidak langsung ditempatkan bekerja di Departemen Perhubungan, tetapi mendaftar lagi sebagai CPNS. Alumni dari sini lebih diutamakan daripada alumni perguruan tinggi lain pada saat mendaftar di Dephub. Info lengkapnya di http://sttd.wetpaint.com
  3. STTT (Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil. Jangan kaget ya dengan nama PTK yang satu ini. STTT mempunyai ikatan dinas dengan Departemen Perindustrian dan Perdagangan (Deperindag) dan merupakan satu-satunya perguruan tinggi di bidang teknologi tekstil milik pemerintah. Yang dipelajari di PTK ini tuh mulai dari masalah awal sampai akhir masalah pertekstilan, dari sejak berbentuk serat sampai menajdi baju yang sudah di desain. Meskipun program pendidikannya meliputi D1, D3, dan D4, tetapi hanya yang ada pada jenjang D3 saja yang terdapat kelas berstatus ikatan dinas. Biaya pendidikannya gratis, bahkan dapat tunjangan (semacam uang ikatan dinas) yang besarnya bervariasi tiap-tiap daerahnya. Dari salah satu mahasiswanya, untuk info lebih lengkap di www.kemenperin.go.id atau www.stttekstil.ac.id
  4. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) Program pendidikannya adalah D4 dan juga menerapkan sistem pendidikan semi militer. Tingkat 1&2 mahasiswa berstatus CPNS, tingkat 3 juga masih berstatus CPNS dan menjalani PKL, sedangkan untuk tingkat 4 sudah diangkat menjadi PNS. Untuk tes masuknya ada 6 tahap, meliputi : tes administrasi, psikotes, tes akademik (Pancasila, UUD 1945, kewarganegaraan, matematika dasar, bahasa inggris, bahasa Indonesia dan pengetahuan umum), samapta (semacam tes fisik), kesehatan, dan pantukir. Untuk informasi awal pendaftaran, calon praja bisa memperoleh informasi di BKD tiap-tiap provinsi ataupun kota. Oya, mahasiswanya merupakan utusan daerah masing-masing, makanya harus lewat BKD. PTK ini mempunyai 2 fakultas yang didalamnya ada 6 jurusan. 200 alumni terbaik dari PTK ini berhak melanjutkan ke jenjang S1 segala jurusan dengan beasiswa dari pemerintah. Lulusan dari PTK ini akan bekerja di instansi pemerintahan, dikembalikan lagi ke BKD (melihat analisi jabatan) dan posisi paling rendah adalah sekertaris lurah. Info lebih lengkapnya di www.ipdn.ac.id
  5. STKS (Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial) Dari semua PTK yang mengikuti PTK expo kemaren, brosur dari PTK inilah yang menurutku tampak paling eksklusif dan bagus , bahkan brosur dari kampusku pun kalah,hehehe…Program pendidikan PTK ini adalah D4,  berada di bawah naungan Departemen Kementrian Sosial. Ada 3 status mahasiswanya: tugas belajar (sudah menjadi PNS), ikatan dinas (dari pemprov atau pemkab atau pemkot) dan izin belajar (dari LSM atau yayasan lain). Tes masuk ada 2 tahap, akademik (UUD, psikotes, bahasa inggris dan matematika) dan wawancara. Mungkin ada yang bertanya-tanya, kuliahnya ntar belajar apaan yak? Kata narasumber yang aku wawancarai kemaren, kuliahnya banyak yang berhubungan dengan masalah-masalah social dan semacam psikologi-psikologi gitu (so pasti banyak hafalannya dong ya). Info lengkapnya di www.stks.ac.id

Itulah yang aku dapatkan dari wawancara oleh beberapa narasumber peserta PTK Expo kemaren. ini hanyalah gambaran secara sekilas saja mengenai PTK. Mungkin masih banyak kurangnya di sana-sini. Tujuanku cuma ingin membantu teman-teman untuk mengetahui PTK yang ada di Indonesia lebih jauh dan juga teman-teman yang tidak sempat datang ke PTK Expo kemaren. Mohon maaf ya kalo sekiranya ada yang salah atau kurang berkenan, aku menerima kritik dan saran yang membangun 🙂

Finally, JAYALAH PTK INDONESIA!!!!

Iklan

3 thoughts on “PTK di Indonesia #2

  1. lusi berkata:

    kak, boleh minta nomor hpnya g? buat nanya2 tentang sttd klo boleh kirim lewat email aku ya kak di auliasalsabilah@yahoo.com
    makasih kak 🙂

    • Gisa Putri berkata:

      OK dek, bentar ya. tapi aku bukan anak STTD, jadi kurang tau juga ttg STTD.aku dapat info itu waktu kemaren ada PTK EXPO di STAN. kebetulan aja aku nyatet, buat adek ku yang mau kuliah juga 🙂

  2. Gisa Putri berkata:

    dek, nggak bisa aku kirim lewat email itu. emailnya salah ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s