PTK di Indonesia #1


Anggaplah ini oleh2 dari PTK Expo yang diadakan di STAN tgl.23-24 April 2011 dan baru saja aku kunjungi. Kalo gak demi adikku tercinta, kayaknya gak bakalan deh aku tanya-tanya ke PTK-PTK lain tentang bagaimana-bagaimananya mereka, hehehehe… Dan karena my baby face ini,aku masih dikira anak SMA loh (karena aku nggak pake PDA). Gak papa deh, makumlah. Hehehehehe 🙂

Ok, mulai yak. Tulisan ini buat adikku tercinta (sebut saja si upin kokoriko dan si ipin moik), temen sekelasku Suci yang gak bisa datang ke PTK expo, kakak tingkatku kak Liza yang tadi sms suruh ambilin brosur, dan semua teman-teman yang merasa pengen membaca aja. Di sini, ada 11 PTK yang aku tulis. sebelumnya maaf ya kalo  isal infonya kurang lengkap, gak teliti atau apa lah. mohon koreksinya :).  Sebenarnya ada 13 PTK yang ikut PTK expo kali ini, tapi 2 PTK (STAN dan STIS) sepertinya sudah pada tahu jadi gak aku tulis. Yah…kalo pengen tahu lagi, buka websitenya atau tanya sama mahasiswa/i nya langsung. Let’s begin.

  1. AKIP (Akademi Ilmu Pemasyarakatan). Dibawah Kementrian Hukum dan HAM. Pendidikan progam studi D3. Gambaran umum, kerjanya ntar di lembaga pemasyarakatan, rumah tahanan, lembaga pemasyarakatan wanita, dll. Setiap angkatan mahasiswanya sekitar 65 orang. Calon mahasiswa adalah lulusan SMA perwakilan dari daerah, mulanya kabupaten  lalu disaring hingga tingkat provinsi. Tes nya ada 4 tahap: tes fisik, tes psikologi, tes kesehatan, tes keterampilan dan bakat. Lulusan langsung ditempatkan di tempat-tempat yang membutuhkan baik di daerah maupun pusat. Selama kuliah (sebelum dilantik jadi PNS) mendapat tunjangan dari pemerintah sebesar 800ribu, kalo sudah dilantik 1,2juta (lumayan gede kan ya, hehe). Web nya di www.akip.ac.id
  2. STMM MMTC Yogyakarta (Sekolah Tinggi Multi Media MMTC Yogyakarta). Dibawah Kementrian Komunikasi dan Informatika. PTK ini masih baru. Dan di dalam kampus ini, ada mahasiswa yang menjadi mahasiswa PTK maupun non PTK (karena kampusnya jadi satu). Pendidikannya program studi D4. Mahasiswanya ada yang berasal dari lulusan SMA dan atau pegawai yang sudah bekerja (lulus kuliah), semuanya adalah utusan dari masing-masing pemerintah daerah. Untuk penempatannya, ya baliklah ke pemerintah daerah masing-masing yang mengutus mereka. Web nya di www.mmtc.ac.id
  3. STEM (Sekolah Tinggi Energi Mineral). Program studinya mulai dari D1 sampai D4. Mahasiswa yang berasal dari lulusan SMA hanya minoritas, karena sebagian besar mahasiswanya rata-rata sudah bekerja di suatu instansi. Jadi, setelah lulus mereka kemabali lagi ke instansi mereka masing-masing. Sama seperti PTK yang lain, di sini berlaku juga system DO. Syarat untuk lolos dari DO adalah IP harus lebih dari 3,00 (lumayan gede juga nih). Iseng aku tanya, kalo lulusan SMA mau daftar ke situ gimana daftar nya? Jawabnya, dia harus melamar dulu untuk bisa disekolahkan (istilahnya dibiayai) instansi atau perusahaan tertentu, seperti Pertamina (yg lain apa ya aku lupa). Tes nya meliputi tes akademis, psikologi, dan tes wawancara. Kuota per tahun tidak pasti, tergantung kuota perusahaan. Tahun ini 2010 kemaren sekitar 250-260an mahasiswa, sedangkan tahun 2009 sekitar 200-400an. Web nya di www.akamigas-stem.esdm.go.id
  4. ATK (Akademi Teknologi Kulit). Maaf untuk PTK yang satu ini, aku gak mengumpulkan banyak informasi. Saat aku menghampiri standnya, brosur belum ada. Perwakilan dari ATK cuma ada beberapa dan sepertinya ketika aku datang belum siap. Yang aku tahu, letak PTK ini di daerah Yogyakarta. PTK ini bukan mengurusi masalah kulit manusia semacam skincare atau sejenisnya, tapi kulit hewan untuk diolah kembali dan dimanfaatkan untuk hal-hal lain. Web nya di www.atk.ac.id
  5. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara).Dari PTK-PTK yang aku wawancarai, menurutku PTK ini lah yang paling eksklusif. Kenapa? Karena setiap tahunnya hanya menerima 40 orang mahasiswa baru untuk lulusan SMA. Wow, benar-benar pilihan orangnya ya. Jujur aja aku penasaran, kenapa cuma sedikit? Alasannya adalah nanti setelah mereka bekerja, tugas mereka berhubungan dengan apa yang namanya rahasia negara. Pastinya, gak sembarangan dong ya untuk bisa dipercayai menyimpan dokumen-dokumen negara yang bersifat sangat rahasia. Yang namanya rahasia, hanya orang-orang tertentu saja yang boleh melihat dan mengetahui. Kurang lebih itulah alasannya kenapa setiap tahunnya Cuma segelintir orang yang bisa masuk ke PTK ini. Program studi nya adalah D4, setelah lulus mereka langsung diangkat menjadi PNS golongan 3A. Pelajaran yang harus dikuasai adalah matematika dan komputasi, tapi ujian masuknya ada tes TPA, matematika dasar, bahasa inggris dan fisika. Hanya untuk lulusan IPA dari SMA atau MA. Lumayan lama juga tes nya, ada 6 tahap. Tes tertulis, seleksi administrasi,tes psiko, tes kesehatan dan tes kebugaran, wawancara, dan terakhir pantukhir. Kuliahnya semi militer. Yang ditekankan di sini, katanya, adalah mental nya. Oya, PTK ini dibawah naungan Lembaga Sandi Negara (langsung dibawah Presiden). Sama seperti PTK lain, untuk lolos DO mahasiswa harus punya IP diatas 2,75. Lulusan dari PTK ini akan bekerja di Lembaga Sandi Negara selama 2 tahun, setelah itu mereka di sebar ke instansi lain seperti Mabes Polri, TNI, BIN, dll. Web nya di www.stsn-nci.ac.id
  6. STPN (Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional. Program studinya ada D1 dan D4. D1 untuk lulusan dari SMA (hanya jurusan IPA), sedangkan D4 hanya untuk yang sudah menjadi pegawai. Kuliahnya sistem semi militer. Setelah lulus dari D1, harus mendaftarkan diri lagi untuk bisa menjadi pegawai di BPN. Jadi, PTK ini sudah tidak ikatan dinas dengan lembaga yang menaunginya. Tetapi, lulusan PTK ini lebih diutamakan dari lulusan perguruan tinggi lain saat sama-sama mendaftar menjadi pegawai di BPN. Peraturan yang khas dari PTK masih nampak terlihat, sama seperti PTK yang lain, berlaku sistem DO jika IP mahasiswa kurang darim2,00. Cek lebih lengkap di web nya www.stpn.ac.id

nah.itu tadi baru beberapa. masih ada lanjutannya lagi. tunggu postingan selanjutnya. sabar ya 🙂

Iklan

2 thoughts on “PTK di Indonesia #1

  1. Ajiz berkata:

    STSN sekampus isine wong 160an tok no?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s