Target


1. Target menjadikanmu sosok yang kamu dambakan
Kamu boleh bermimpi menjadi apa saja, tapi kalo kamu nggak bertindak untuk mewujudkannya, bagaimana mungkin kamu akan sampai ke sana? Kalo kamu tahu cara menentukan target dan berupaya mewujudkannya, kamu menentukan suatu jalur tindakan yang akan membawamu selangkah menuju masa depan yang kamu dambakan.
2. Target memperluas zona kanyamananmu
Dalam mengejar target, kamu akan mendapati dirimu sendiri berbicara dengan orang-orang baru, mencoba membangun sebuah tim, tampil di atas pentas, berpidato, atau melakukan kegiatan lain yang menarik perhatian massa. Memaksa diri melewati zona kenyamanan normalmu adalah salah satu cara yang bagus untuk terus tumbuh.
3. Target melejitkan rasa percaya dirimu
Kalo kamu menetukan target dan mampu mencapainya, kamu membuktikan pada dirimu sendiri dan orang-orang di sekitarmu bahwa kamu tahu paa yang harus kamu lakukan untuk mewujudkan targetmu. Target nggak hanya menjadikanmu lebih kuat, target membantumu merasa nyaman dengan dirimu sendiri.
4. Target memberimu makan hidup. Target menunjukkan kepadamu—dan dunia—apa yang kamu hargai
Target juga memberimu rasa sadar arah. Kalo kamu memburu targetmu, kemungkinan besar kamu nggak akan merasa menghabiskan hidupmu dengan rasa bosan dan kesia-siaan.
5. Target membantumu mengandalkan diri sendiri
Kamu nggak perlu membiarkan orang lain menentukan apa yang harus kamu lakukan dalam hidup ini. Kamu bisa bertanggungjawab pada hidupmu sendiri dengan menetukan target dan membuat rencana untuk mewujudkannya. Begitu kamu sudah terbiasa dengan penentuan target ini, akan kamu sadari bahwa kamu semakin mandiri. Dan orang-orang di sekitarmu akan memperhatikan kemandirian barumu ini.
6. Target mendorongmu untuk percaya pada keputusanmu sendiri
Kamu berada pada satu titik dalam kehidupanmu saat kamu membuat lebih banyak keputusan di rumah dan si sekolah. Kadang-kadang memang mudah untuk mengikuti pendapat orang banyak atau terombang-ambing oleh harapan orang lain terhadapmu. Tapi kalo kamu senantiasa mengingat target yang kamu miliki, pilihanmu menjadi jelas. Kamu belajar mempercayai keputusanmu sendiri karena keputusan yang kamu buat itulah hal terbaik buatmu.
7. Target mebantumu mengubah halphal yang mustahil menjadi mungkin
Penentuan target memecah mimpi-mimpi yang tampaknya tak terjangkau menjadi langkah-langkah kecil yang bisa dilaksanakan sekaligus praktis. Kamu bisa mengubah mimpi “suatu saat nanti” menjadi prestasi nyata.
8. Target membuktikan bahwa kamu bisa membuat perbedaan
Apakah targetmu adalah membuat perubahan dalam hidupmu sendiri? Apakah targetmu adalah membuat perubahan dalam hidup orang lain dan menjadi dunia lebih baik? Saat kamu ingin memeprbaiki kehidupanmu sendiri atau kehidupan orang lain, penentuan target membantumu mencapai apa yang sudah kamu tentukan, selangkah demi selangkah.
9. Target menjadikan pandangan hidupmu lebih baik
Target menjadikanmu bergerak maju—sebuah arah melangkah positif. Dan ini jauh lebih baik ketimbang duduk diam atau melangkah tanpa tujuan yang jelas. Momentum ini adalah pelejit yang luar biasa. Kamu akan merasa lebih positif.
10. Target memberimu perasaan puas
Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang menunjukkan bahwa mereka yang menentukan dan mencapai target memiliki kinerja yang lebih mantap, lebih puas dengan diri mereka sendiri, dan lebih berprestasi. Bahkan, kalau kamu cermati orang yang kamu tahu atau kamu puja, yang telah menentukan target, kamu mungkin akan melihat orang-orang yang bangga pada kesuksesan yang mereka raih dan memiliki semangat yang nggak pernah padam untuk menjadi lebih berprestasi lagi.

Kalau ada yang ingin kamu gapai dalam hidup ini, kamu harus mengejarnya. Tak ada seorangpun yang bisa menghentikannya kecuali dirimu sendiri. (Kobe Bryant)

(tulisan dari Pamela Espeland)

  • Iklan
  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s